Penelitian ini mengajukan model penelitian untuk menganalisis kinerja outlet-outlet Pabrik RokokBarito dengan menguji faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya, yaitu: kepuasan penyaluratas layanan tenaga penjual dan reputasi pemasok yang mempengaruhi kepercayaan padapemasok kemudian hubungan jangka panjang dengan pemasok kemudian kinerja outlet.Penelitian ini menggunakan sampel 170 outlet Rokok Madja produksi Pabrik Rokok Barito diKabupaten Jepara. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling(SEM) pada program AMOS 5.Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang baikdan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah kepuasanpenyalur atas layanan tenaga penjual berpengaruh positif terhadap kepercayaan pada pemasok,reputasi pemasok berpengaruh positif terhadap kepercayaan pada pemasok, kemudiankepercayaan pada pemasok berpengaruh positif terhadap hubungan jangka panjang dengandan hubungan jangka panjang dengan berpengaruh positif kinerja outlet.Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi teoritis bahwa penelitian ini memberijustifikasi tambahan bagi beberapa anteseden yang mempengaruhi kepercayaan pada pemasoksecara positif, yaitu kepuasan penyalur atas layanan tenaga penjual dan reputasi pemasok.Implikasi manajerial yang dapat diberikan adalah saran bagi para PR Barito untuk memberiperhatian lebih pada faktor reputasi pemasok, karena hal ini merupakan faktor yang palingdominan yang mempengaruhi kepercayaan pada pemasok. Keterbatasan penelitian ini adalahhasil squared multiple correlation mengindikasikan kurang optimalnya variabel anteseden.Penelitian mendatang perlu mengembangkan penelitian dengan menambahkan beberapavariabel anteseden agar squared multiple correlation menunjukkan angka optimal.
Copyrights © 2010