Perusahaan dituntut untuk selalu kreatif dalam menjalankan kegiatan program pemasarannya  untuk  menghasilkan  tingkat kinerja pemasaran yang  tinggi  dalam persaingan bisnis yang makin kompetitif  Kreativitas program pemasaran perusahaan dapat diimplementasikan dengan baik ketika perusahaan mampu mengelola karakteristik  individu,  motivasi  individu,  memiliki  komitmen  sumberdaya  yang kuat, dan mampu memadukan kelompok kerja yang berbeda-beda fungsi dan tujuannya. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor pendorong kreativitas program pemasaran (karakteristik individu, motivasi individu, komitmen sumberdaya, dan perpaduan  kelompok  kerja)  mempunyai  pengaruh  positif  terhadap  kreativitas program  pemasaran.  Penelitian  ini juga  menunjukan  bahwa  kreativitas program pemasaran berpengaruh positif dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Pengujian model dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan structural equation modelling  (SEM)   dalam  paket  software  AMOS  4. 0.   Hasil  pengujian  model menunjukan bahwa model yang dikembangkan dapat diterima serta hubungan kausalitas yang dihipotesiskan juga dapat diterima dengan baik..Â
Copyrights © 2004