Pemberian merek telah  menjadi masalah penting dalam strategi produk dan  merupakan bagian  paling  penting  dalam pemasaran.  Usaha  pengembangan  produk  baru  dengan merek yang sama sekali baru  semakin  mahal dan tidak menjamin  keberhasilannya.  Sa/ah satu alternatif strategi yang  dapat dilakukan  adalah  dengan  melakukan  ekstensi merek (brand  extension).  Brand  extension  dapat  menghasilkan   pengaruh  merek  ekstensi terhadap  merek induk  (reciprocal  effects)  yang  meningkatkan  atau  menurunkan  ekuitas dari merek induk. Ekstensi  merek adalah salah satu keputusan penting da/am perusahaan sehingga pengambil keputusan perlu memfokuskan diri pada bagaimana menciptakan dan meningkatkan peluang sukses ekstensi merek. Kegagalan brand extension dapat membahayakan brand equity dengan menghasilkan pengaruh negatif (negative reciprocal effects)  terhadap merek induk.  Oleh karena itu perlu diteliti bagaimana mengembangkan pengaruh yang positif antara merek ekstensi  dan merek induk  (positive  reciprocal effect) untuk meningkatkan minat beli strategi ekstensi merek.Â
Copyrights © 2005