Dinamika Pendidikan
Vol 1, No 2 (2006): December 2006

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI

Marimin, - (Unknown)
Sari, Dian Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2011

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran ekonomi baik secara parsial maupun secara simultan dan  untuk mengetahui besarnya pengaruh  kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Sragi kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2005/2006. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan sebanyak 147 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik Proporsional Random Sampling. Penentuan jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin diperoleh banyaknya sampel 60 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi guru sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskrpitif persentase dan regresi berganda. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan termasuk dalam kategori baik dengan bobot persentase skor 70,00%, kemampuan berkomunikasi guru termasuk kategori baik dengan bobot persentase  skor sebesar 61,67% dan motivasi belajar siswa termasuk kategori tinggi dengan bobot persentase 58,33%. Besarnya pengaruh masing-masing variabel yaitu kepemimpinan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 14,62%, dan pengaruh kemampuan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 17,52%. Kata Kunci : Kepemimpinan, Kemampuan Berkomunikasi, Motivasi

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

DP

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi ...