Hasil ÃÂ belajar ÃÂ kimia ÃÂ siswa ÃÂ kelas XI SMA Negeri Ungaran masih ÃÂ rendah. Hal ÃÂ iniÃÂ dikarenakan siswa kesulitan memahami konsep kimia. Permasalahan dalam penelitian iniÃÂ adalah apakah penugasan dan penilaian portofolio dapat meningkatkan hasil belajar kimiaÃÂ siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan penugasan danÃÂ penilaian portofolio. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiriÃÂ atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refl eksi. Obyek penelitian ini adalah siswaÃÂ kelas XI PSIA 5 SMA Negeri 1 Ungaran. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasilÃÂ belajar siswa. Data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dari nilai tiap siklus sedangkan hasilÃÂ belajar afektif dan psikomotorik dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanyaÃÂ peningkatan nilai kognitif, psikomotorik dan afektif dari siklus I sampai siklus III. Hasil dariÃÂ penilaian portofolio diketahui nilai rata-rata kelas pada siklus I, ÃÂ II, dan III masing-masingÃÂ adalah 74,4, 78,6 dan 81,1 dengan ketuntasan belajar klasikal berturut-turut adalah 95%,ÃÂ 100% dan 100%.Kata Kunci: hasil belajar, penugasan, penilaian portofolio
Copyrights © 2008