Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaanmahasiswa calon guru kimia dengan pembelajaran praktikum kimia dasar berorientasichemo-entrepreneurship (CEP). Ada 6 aspek yang diduga dapat mendukung peningkatanjiwa kewirausahaan mahasiswa yaitu kemampuan dalam berpikir/bertindak kreatif, kritis,kerjasama, kegigihan , kemandirian dan inisiatif. Alat evaluasi dalam penelitian inimeliputi kemampuan jiwa kewirausahaan calon guru kimia yang telah dikuasai denganmengacu indikator kemampuan kepemimpinan, kemandirian, kerja sama, kreativitas daninovasi dalam kegiatan praktikum. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kemampuan jiwakewirausahaan, maka dapat dikatakan bahwa semua kelompok mahasiswa telah mempunyaijiwa kewirausahaan dengan kriteria sangat baik (SB) dalam berpikir/bertindak kreatif, kritis,kerjasama, kegigihan dan inisiatif. Sedangkan untuk kemandirian mempunyai tingkatpencapaian baik (B). Keberhasilan juga ditunjukkan oleh respon mahasiswa yang cenderungpositif. Untuk lebih mengoptimalkan upaya tersebut disarankan agar aspek-aspek yangdikembangkan juga harus didukung dengan sumber belajar yang memadai.àKata Kunci: chemo-entrepreneurship, jiwa kewirausahaan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2008