Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 2, No 2 (2008): July 2008

KOMPARASI HASIL BELAJAR SAINS KIMIA DENGAN METODE LIFE SKILL DAN MIND MAPPING PADA SISWA MTs

Soebroto, Tjahyo (Unknown)
Susatyo, Eko Budi (Unknown)
Zulaechah, Wiwin Umu (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2011

Abstract

Pembelajaran dengan penerapan life skill dan mind mapping merupakanalternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman untuk meningkatkanhasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang adaatau tidaknya perbedaan hasil belajar sains kimia pokok materi pemisahan campuranantara metode pembelajaran life skill dan mind mapping. Subyek dalam penelitian iniadalah siswa kelas VIII MTs Negeri Kutowinangun Kebumen. Pengambilan sampeldilakukan dengan pertimbangan sampling purposif, diperoleh kelas VIIIC sebagaikelas kontrol dan kelas VIIID sebagai kelas eksperimen.. Analisis data yang digunakanadalah analisis varian dan dilanjutkan dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitiandiperoleh rata-rata hasil posttes pada kelas kontrol = 65,05 dan kelas eksperimen =74,18. Dengan analisis varian untuk data pretes diperoleh Fhitung (1,2386) < Ftabel(1,93) berarti bahwa kedua kelompok mempunyai varian yang tidak berbeda. Analisisdata post tes diperoleh Fhitung (1,1679) < Ftabel (1,93) yang berarti ada perbedaanantara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil analisis data, disimpulkanbahwa ada perbedaan hasil belajar sains kimia pokok materi pemisahan campuranantara yang diberi dengan metode pembelajaran life skill dan mind mapping padasiswa dan hasil belajar dengan pembelajaran dengan metode life skill lebih baik darimetode mind mapping  Kata Kunci: komparasi,hasil belajar, life skill, mind mapping

Copyrights © 2008