Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 1 No 2 (2018): Regular Issue

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI AKTIVITAS INTELEKTUAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Vinanda U’un Ayuningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Edmodo merupakan media pembelajaran yang berbasis internet, yang diwajibkan untuk Mahasisw di dalam kelas maupun diluar kelas untuk mendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun khususnya untuk Mahasiswa semester 3 (tiga), 2) memperbaiki aktivitas intelektual dalam bidang IT mahasiswa yang belum digunakan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk kuasi eksperimen. Pre test dilakukan diawal penelitian dan Post test dilakukan diakhir penelitian baik terhadap kelas eksperimen maupun kontrol. Berdasarkan tabel diatas skor N-Gain kelas kontrol yang belum menggunakan media pembelajaran kategori rendah , sedangkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan menggunakan media pembelajaran Edmodo termasuk dalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran Edmodo dapat memotivasi aktifitas intelektual sehingga mahasiswa tertarik dan ingin terus belajar dengan dibuktikan hasil belajar meningkat. Kesimpulan tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam guru menggunakan media pembelajaran dan melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Aims and scope: Aims Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan aims to present high-quality and relevant scientific articles in the form of original research results in the field of Technical and Vocational Education and Training. By showcasing the latest teaching techniques, effective instructional ...