Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 2, No 2 (2008): July 2008

PENGARUH PENGETAHUAN ALAM TERHADAP PEMAHAMAN MATAPELAJARAN KIMIA

Istijabatun, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2011

Abstract

Belajar kimia tidak lepas dari fakta, konsep, dan prinsip, ketiganya terkait dalamsuatu sistem. Penelitian ini mengungkap pengaruh pengetahuan alam terhadap pemahamanmata pelajaran kimia. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan alam yang dimiliki siswadigunakan alat ukur berupa tes pengetahuan mengenai peristiwa alam yang berkaitandengan ilmu kimia. Sedangkan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadapmata pelajaran kimia digunakan alat ukur berupa tes pemahaman yang berisi pertanyaan–pertanyaan pada bab stuktur atom, larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi reduksidan oksidasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi sederhana.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif dari pengetahuan alamterhadap pemahaman mata pelajaran kimia. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalahY = 0,904 X – 0,755. Besarnya pengaruh pengetahuan alam terhadap pemahaman matapelajaran kimia dihitung dengan koefi sien determinasi yaitu sebesar 62,29%. Berdasarkanhasil penelitian ini dapat disarankan bahwa: 1) dalam pengajaran kimia sebaiknya digalidulu pengetahuan siswa mengenai peristiwa kimia di alam. 2) perlu ditekankan kaitanantara materi kimia dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam. 3) perlu mendorongatau memotivasi siswa agar jeli dan memperhatikan peristiwa kimia yang terjadi di alam.  Kata Kunci: pengetahuan alam, pemahaman, matapelajaran kimia

Copyrights © 2008