Kurangnya aktivitas dan motivasi belajar yang menampak pada saat siswa menjawab pertanyaanà guruà danà anggapanà bahwaà kimia merupakan mataà pelajaranà yangà sulit menyebabkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Gringsing kurang maksimal sehingga ketuntasanà belajarà tidakà tercapaià baikà secaraà klasikal maupunà individual. Penelitianà ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarà siswa dengan pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) melalui metode eksperimen aplikatif dengan subyekà penelitianà siswaà kelas XIà IPAà 1à sejumlahà 38à orang. Dataà dikumpulkan melalui metodeà dokumentasià gunaà mengetahuià kondisià awal,à tes,ààà observasi,à danà angketà untuk mengevaluasià hasilnya. Peningkatanà hasilà belajarà kognitifà dievaluasià denganà tes,à aspek afektif dan psikomotor diperoleh dari pengamatan mengacu lembar observasi dan angket Hasilà penelitian menunjukanà adanyaà peningkatanà hasilà belajarà kognitif,à afektif maupun psikomotorik yang signifi kan dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus III.àKata Kunci: pendekatan SETS, eksperimen aplikatif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2009