Jurnal Studi Manajemen Organisasi
Vol 1, No 2 (2004)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR ORIENTASI PASAR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAYANAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

Nur Pribadiyanto (Unknown)
Mudiantono Mudiantono (Unknown)
Utami Tri S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2012

Abstract

ABSTRAKSI Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan kualitas perencanaan pemasaran dan sistem organisasi yang berpengaruh terhadap orientasi pasar, menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kualitas layanan, dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kinerja perusahaan. Oleh karena itu model penelitian yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari lima variabel, yaitu : peranan kualitas perencanaan pemasaran, sistem organisasi, orientasi pasar, kualitas layanan, dan kinerja perusahaan. Analisis data terhadap 115 responden, karyawan level supervisor di lingkungan PT. ( Persero ) Pelabuhan Indonesia III Cabang Wilayah Jawa Tengah (Tanjung Emas, Terminal Petikemas Semarang, Pelabuhan Tegal, dan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap ) diuji dengan alat analisis Structural Equation Modelling (SEM) dalam program AMOS 4.01. Hasil analisis data menunjukan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini dapat dibuktikan. Hasil analisis data menunjukan bahwa kualitas perencanaan pemasaran dan sistem organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap orientasi pasar. Hasil analisis data juga menunjukan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kualitas layanan. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menghubungkan hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi manajerial. Keterbatasan dan agenda penelitian mendatang dijadikan acuan bagi para peneliti selanjutnya di waktu yang akan datang.   Kata Kunci :perencanaan pemasaran; sistem organisasi; orientasi pasar

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

smo

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Studi Manajemen Organisasi merupakan peer-reviewed academic journal yang terbit mulai 2007 yang di publikasikan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal Studi Manajemen Organisasi menerbitkan artikel konseptual dan empiris di bidang manajemen. JSMO ...