Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengaktifkan siswa dalammengembangkan kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah. Populasi penelitianadalah siswa kelas XI IPA 3 SMA 6 Semarang yang berjumlah 42 siswa. Hasil penelitian padasiklus I menunjukkan kesiapan dan keaktifan siswa dalam kategori cukup, serta rata-ratahasil belajar dan ketuntasan belajar masing-masing sebesar 62 dan 61,90%. Pada siklus II,kesiapan dan keaktifan siswa meningkat dibandingkan siklus I menjadi kategori baik, sertarata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar masing-masing sebesar 68,3 dan 78,57%.Hasil penelitian pada siklus III meningkat dibandingkan dengan siklus II, yaitu kesiapan dankeaktifan siswa tergolong baik, serta rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar masingmasingsebesar 71,4 dan 88,09%. Dengan hasil tersebut berarti penelitian yang dilakukantelah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 85% dari seluruh siswa memperolehnilai eââ¬Â 65. Siswa menyambut positif strategi pembelajaran yang diimplementasikan.àKata Kunci : hasil belajar, IQRO, problem posing
Copyrights © 2009