Telah dilakukan penelitian dengan tema pembelajaran berbasis masalah berorientasichemo-entrepreneurship (CEP) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan hasilbelajar Praktikum Kimia Fisika. Metode penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi dan evaluasi, refl eksi tindakan, dan analisis data. Mahasiswa pesertamatakuliah Praktikum Kimia Fisika dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiriatas 3-4 orang. Pertama dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa.Selanjutnya mahasiswa diberi Lembar Masalah untuk didiskusikan sebelum melakukanpraktikum. Pada saat praktikum, mahasiswa merumuskan jawaban dari masalah berdasarkanpengamatan dengan dibantu pengarahan dari dosen. Dosen juga memberikan pengarahantentang jiwa kewirausahaan yang terkait dengan bidang kimia dengan tujuan memberikantambahan wawasan kepada mahasiswa agar memiliki nilai tambah pada kompetensinya.Aktivitas mahasiswa diamati dan dicatat dalam lembar observasi. Mahasiswa memberikansolusi lengkap pada saat mengumpulkan laporan praktikum. Langkah ini diulang untuk materipraktikum berikutnya sampai akhir semester. Pada akhir semester dilakukan postes untukmengetahui tingkat pemahaman dan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil analisisdata dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas belajarmahasiswa dan secara kuantitatif hasil belajar mahasiswa menunjukkan peningkatan dari65 menjadi 81,2 dan ketuntasan belajar juga meningkat dari 34% menjadi 100%.Kata kunci:pembelajaran berbasis masalah, chemo-entrepreneurship
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2010