Jurnal Ilmiah pesona PAUD
Vol 5, No 2 (2018)

PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI PENERAPAN TEORI NEUROSAINS DI TAMAN KANAK-KANAK AL HIDAYAH AIA TABIK

Kasmawarni, Kasmawarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan meningkatkan kedisiplinan anak melalui penerapan teori neurosains.  Tempat penelitian ini di Taman Kanak-kanak Al Hidayah Aia Tabik Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 20 orang anak  yang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 13 orang anak laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan  dokumentasi, analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini sebanyak  dua siklus masing-masing tiga kali pertemuan. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan tekhnik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan anak. Hal ini terlihat dari hasil perolehan nilai yang di dapat anak, nilai  berkembang sangat baik (BSB) pada kondisi awal dengan  nilai rata-rata 8,75 % , pada siklus I meningkat menjadi 22,5 % dan pada siklus II meningkat menjadi 83,75 %. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai berkembang sangat baik (BSB) telah mencapai KKM pada semua aspek. Secara keseluruhan dengan teori neurosains terbukti meningkatkan kedisiplinan anak di Taman Kanak-kanak AL-Hidayah Aia Tabik. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL ILMIAH PESONA PAUD began publishing in March 2012 with p-ISSN no 2337-8301 with a frequency of 6 times a year. This journal was re-managed and published twice a year in the printed and electronic versions in 2018. each of which had p ISSN no 2337-8301 and e ISSN no 2656-1271 by the Department ...