Penelitian pengembangan modul ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi olehpeneliti karena satu-satunya bahan ajar yang digunakan di sekolah bersumber dariinternet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembanganmodul, kelayakan modul, dan respon siswa terhadap modul pembelajaran berbasiskurikulum 2013 Kompetensi Dasar Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan danMengemukakan Peraturan Cuti serta menganalisis respon siswa di SMKN 2Buduran Sidoarjo. Modul yang dikembangkan disesuaikan dengan komponenkelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikandari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Model pengembangan modul inimengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknikpengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi dan lembar angketrespon siswa. Lembar validasi diberikan pada ahli materi dan ahli grafis, sedangkanlembar angket respon siswa diberikan pada 15 siswa kelas XI APK 1 di SMKN 2Buduran Sidoarjo. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Data yang dianalisis adalah data hasil validasi dan data hasil respon siswa. Hasilvalidasi untuk komponen kelayakan isi materi sebesar 98,21%, kelayakanpenyajian 99,10%, kelayakan bahasa 96,42%, dan kelayakan kegrafikaan 80%.Sehingga rata-rata hasil validasi sebesar 93,43% dengan kategori ?sangat layak?.Sedangkan hasil respon siswa sebesar 95,99% dikategorikan ?sangat layak?.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017