Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 46, No 1 (2013): April, 2013

Penerapan Metode Akuntamatika Menggunakan Model Kooperatif untuk Meningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar

Herawati, Nyoman Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Akuntansi Pengantar I serta mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan metode akuntansi berbasis matematika (akuntamatika) menggunakan model kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Prosedur tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas D pada semester ganjil 2012/2013 yang melibatkan 33 (tiga puluh tiga) orang mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar, pedoman observasi, dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kelas. Siswa yang sebelumnya tidak aktif, tidak dapat bekerja sama, pada siklus 2 telah mengalami perubahan yang signifikan. Penerapan metode ini juga meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata 75,98 pada siklus I meningkat menjadi 80,21 pada siklus II. Meskipun terjadi peningkatan hasil belajar, namun ketuntasan minimal belum dapat tercapai. Hal ini dikarenakan masih terdapat 3 (tiga) orang mahasiswa yang mendapat nilai dibawah 70. Secara keseluruhan, metode pembelajaran yang diterapkan mendapat tanggapan positif dari mahasiswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kata-kata Kunci:akuntamatika, kooperatif STAD, partisipasi, hasil belajar

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...