Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Proses Berpikir Induktif dan Deduktif dalam Mempelajari Matematika

Rochmad, - (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2010

Abstract

Salah satu ciri utama dalam mempelajari matematika adalah menerapkan penalaran deduktif yaitukebenaran suatu konsep atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaransebelumnya, sehingga kaitan antar konsep atau pernyataan matematika bersifat konsisten. Namundemikian, pembelajaran matematika dengan fokus pada pemahaman konsep dapat diawali denganpendekatan induktif melalui pengalaman khusus yang dialami siswa. Dalam pembelajaranmatematika, pola pikir induktif dapat digunakan untuk memahami definisi, pengertian, dan aturanmatematika. Kegiatan pembelajaran dapat dimulai dengan menyajikan beberapa contoh atau faktayang teramati, membuat daftar sifat-sifat yang muncul, memperkirakan hasil yang mungkin, dankemudian siswa dengan menggunakan pola pikir induktif diarahkan menyusun suatu generalisasi.Selanjutnya, jika memungkinkan siswa diminta membuktikan generalisasi yang diperoleh tersebutsecara deduktif.Kata kunci: Pembelajaran matematika, pola pikir induktif, pola pikir deduktif.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

kreano

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Kreano is a place to share and communicate research results from researchers or invited authors. Kreano publishes original, novel, and empirical works in the field of mathematics education. Researchers can come from Lecturers, Teachers, Researchers, and students who need broad access to the ...