Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol 1, No 1 (2013): Juli

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA DAUN PISANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM PADA ANAK TK

Sukerti, Ni Made (Unknown)
Raga, Gede (Unknown)
Murda, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus pada anak TK kelompok B setelah penerapan metode demonstrasi dengan berbantuan media daun pisang melalui kegiatan menganyam. Subjek dari penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok B TK Kusuma Dharma Tukad Mungga Kecamatan/Kabupaten Buleleng semester II tahun pelajaran 2012/2013 dengan subjek penelitian berjumlah 19 orang. Penelitian tindakan ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data hasil observasi selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase keterampilan motorik halus adalah 61,37% berada pada katagori cukup. Terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 83,65% dengan katagori baik, hal tersebut menandakan bahwa terdapat peningkatan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B TK Kusuma Dharma Tukad Mungga pada siklus I dan siklus II sebesar 22,28%. Jadi penerapan metode demonstrasi dengan berbantuan media daun pisang melalui kegiatan menganyam dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B TK Kusuma Dharma Tukad Mungga Kecamatan/Kabupaten Buleleng semester 2 tahun pelajaran 2012/2013.   Kata kunci: metode demonstrasi, media daun pisang, keterampilan motorik halus.   Abstract Aims of this study are to determine the increase in fine motor skills of kindergarten children in group B after application of media-assisted demonstration method through weaving a banana leaf.The subject of this action research is kindergarten children group B of Kusuma Dharma Tukad Mungga subdistrict/Buleleng regency second semester of academic year 2012/2013 with a total 19 research subjects. This action research using quantitative descriptive analysis method to collect data from observations during the learning process in the classroom. This study was conducted with 2 cycles. The results showed that in the first cycle the percentage of fine motor skills is 61.37% at the pretty category. There was an increase in cycle II to 83.65% with either category, it indicates that there is an increase in fine motor skills in children kindergarten group B Kusuma Dharma Tukad Mungga in the first cycle and second cycle of 22.28%. So the application of media-assisted demonstration method through weaving banana leaf activities can improve fine motor skills in kindergarten children group B of second semester of academic year of 2012/2013 at TK. Kusuma Dharma Tukad Mungga at Buleleng subdistrict/regency.   Key words : demonstration method, banana leaves media, fine motoric skill.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...