Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol 4, No 2 (2016):

PENERAPAN KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL

., Dr. I Nyoman Jampel,M.Pd (Unknown)
., Putu Aditya Antara, S.Pd. (Unknown)
., Ni Kadek Seri Ayu Wiryaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan menerapkan metode penugasan melalui melipat kertas origami pada anak kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Siklus I terdiri dari 6 pertemuan dan siklus II terdiri dari 6 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 anak. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup data tentang kemampuan motorik halus anak. Data kemampuan motorik halus anak dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen lembar observasi dimana penilaian ini dilaksanakan pada tiap pertemuan. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode penugasan melalui melipat kertas origami berwarna dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak pada anak kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja. Persentase skor kemampuan motoric halus anak pada siklus I adalah 49,58% dengan kriteria rendah meningkat menjadi 82,91% dengan kriteria tinggi pada siklus II.Kata Kunci : metode penugasan, melipat kertas origami, perkembangan motorik halus This research aims to improve Child soft motoric with assignment method through colored origami paper folding which was conducted at B2 children group in Aisyiyah Bustanul Athfal kindergarten Singaraja. This is a Classroom Action Research which was conducted in 2 cycles. The first cycle were 6 meetings and the second cycle also 6 meetings. Subject of this research was B2 students of TK Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja in the academic years 2015/2016 which consist of 20 childrens. The main data was about soft motoric skills of the children. Data was collected by observation method, observation sheet instruments. The assessment was done in every meeting. The data collected was analyzed by descriptive statistical analysis. The Research showsed that the implementation of the assignment method through colored origami paper folding state can improve development of soft motoric Children Children at Group B2 in Aisyiyah Bustanul Athfal kindergarten Singaraja. The first cycle showed precentage about 49.58% which was low Criterion. In the second cycle the precentage raised into 82.91% with high criterion.keyword : assignment method, origami paper, and soft motoric development

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...