Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menendang bola dengan kaki bagian dalam seperti: (1) meningkatkan hasil belajar menendang bola dengan kaki bagian dalam pada gerak dasar menendang bola siswa SDN Kalibaru 09 Pagi, (2) menerapkan metode pengulangan (drill) menendang bola dengan kaki bagian dalam pada gerak dasar menendang bola dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Kalibaru 09 Pagi, (3) merumuskan instrumen penilaian untuk materi pelaksanaan keterampilan menendang bola pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan (Action Research), dengan model disain Kemmis dan Taggart ditetapkan subjek penlitian berjumlah 34 orang, dari kelas V Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Instrumen penilaian yang digunakan adalah formulir penilaian menendang bola dengan kaki bagian dalam dengan 3 indikator, yaitu: awalan, perkenaan kaki dengan bola dan sikap akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif antara lain distribusi frekuensi, presentasi dan interprestasi data. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil tes masing-masing jenis tindakan, yang diberikan secara berulang-ulang pada setiap siklusnya, terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan menendang bola dengan kaki bagian dalam dengan menggunakan metode pengulangan (drill), terbukti dikelas V yang mendapatkan nilai lebih dari kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Copyrights © 2016