Mimbar PGSD Undiksha
Vol 3, No 1 (2015):

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PKN DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERTANYAAN GURU PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS RADEN AJENG KARTINI KECAMATAN DENPASAR BARAT

., Ni Wayan Widyaningsih (Unknown)
., Drs. Made Putra, M.Pd (Unknown)
., Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar pengetahuan PKn antara siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan dengan jawaban tertunda dan siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan dengan jawaban segera pada siswa kelas IV SD Gugus Raden Ajeng Kartini Kecamatan Denpasar Barat. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah pra tes – pasca tes kelompok statis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Raden Ajeng Kartini Kecamatan Denpasar Barat yang terdiri dari 8 sekolah dan didalamnya terdapat 21 kelas. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar pengetahuan PKn yang menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Kemudian data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pengetahuan PKn antara siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan dengan jawaban tertunda dan siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan dengan jawaban segera. Berdasarkan hasil uji-t didapat thitung = 0.51 dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel =1.99. Berdasarkan kriteria pengujian thitung < ttabel (0.51

Copyrights © 2015