ABSTRAKAparat pemerintahan berfungsi sebagai pelayanan masyarakat danpenyelenggara pemerintahan dimana dalam melaksanakan tugas-tugasnya tidakterlepas dari pelaksanaan fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian,penggerakkan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptifyaitu tipe penelitian yang menggambarkan secara mendalam tentang situasi, atauproses yang diteliti. Dasar penelitian yang dilakukan adalah survey yaitu penelitianyang dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis suatu peristiwa atau prosestertentu dengan memilih data atau ruang lingkup tertentu sebagai sampel yangdianggap refresentatif.Dari hasil penelitian menunjukkan peran penting manajemen dalam sekretariatsangat tergantung pada penerapan fungsi-fungsi manajemen yang digunakanorganisasi tersebut. Pelaksanaan fungsi secretariat dalam menjalankan fungsimanajemen dapat dioptimalkan melalui indikator-indikator sebagai berikut :1).Perencanaan (planning), 2).Pengorganisasian (organizing), 3).Pelaksanaan(actuating), 4).Pengawasan (controlling). Kemudian dari proses-proses pelaksanaanfungsi secretariat dalam peningkatan kinerja Pegawai Negeri Sipil di SekretariatKabupaten Bolaang Mongondow utara, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi,yaitu: sistem dan prosedur kerja, komunikasi, sarana dan prasarana serta anggaran.Kata Kunci: Fungsi Sekretariat, Kinerja, Pegawai.
Copyrights © 2015