ABSTRAKSIStandar Operasional Prosedur (SOP) bisa diartikan sebagai suatu petunjukorganisatoris yang menetapkan suatu tindakan baku. SOP berisi petunjuk yangmenjelaskan cara yang diharapkan dan diperlukan oleh pekerja/petugas dalammelakukan/menyelenggarakan pekerjaan mereka.Dalam pemerintahan, penerapan SOP merupakan sebuah keharusan dengandikeluarkannya peraturan Menteri Pemerintahan dan Aparatur Negara Nomor 35Tahun 2012. Dalam hal pemerintahan, SOP bermanfaat untuk membantu kinerjapemerintah untuk lebih efektif dan efisien dalam pelayanan masyarakat.Penerapan SOP dalam pelayanan pemerintahan perlu diperhatikan antarastruktur organisasi dan pembagian tugas dalam pemerintahan serta dikaitkan denganbeberapa hal penting dalam penerapan SOP, yakni: efisiensi, konsistensi,minimalisasi kesalahan, penyelesaian masalah, perlindungan tenaga kerja (pegawai),peta kerja dan batasan pertahanan.Berdasarkan penjelasan di atas, maka penulis tertarik untuk melakukanpenelitian dengan mengangkat judul, yakni: “Penerapan Standar OperasionalProsedur dalam Pelaksanaan Tugas Pemerintah Kecamatan Malalayang, KotaManado.â€Kata Kunci: Standar Operasional Prosedur dan Tugas Pemerintah
Copyrights © 2015