Pendidikan Dasar
Vol 6, No 2 (2005)

Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Pembelajaran Konstruktivisme

Wahyu Sukartiningsih, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2005

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan (MMP) di kelas 1 sekolah dasar (SD). Penelitian ini menggunakan tiga siklus pembelajaran kontruktivisme, yaitu (1) mengenalkan huruf dengan media kartu kata bergambar, (2) membaca dan menulis kata dan suku kata berulang dengan media cerita bergambar yang didesain khusus, dan (3) membaca dan menulis kalimat sederhana dengan media cerita bergambar yang didesain khusus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa dalam bentuk: 1) menurunnya membaca dengan mengeja sehingga dapat meningkatkan kelancaran membaca dan menulis siswa, (2) meningkatnya pemahaman siswa terhadap bahan bacaan, dan 3) meningkatnya minat dan motivasi siswa untuk membaca dan menulis permulaan.The research purpose is to investigate the effect of constructivism teachinglearning on enhancing the ability of beginning reading and writing of the 1 first grade students of primary schools. This study used three cycles of constructivism teaching learning ,i.e. introducing 1) letters using picture card media; 2) reading and writing words and syllables using picture story media; 3) reading and writing simple sentences. The finding shows that constructivism teaching learning could enhance the studentsÂ’ ability of beginning reading and writing in terms of 1) reducing the spelling-out activity while reading; 2)improving their Reading Comprehension; 3) improving their interest and motivation in reading.

Copyrights © 2005