Pendidikan Dasar
Vol 7, No 2 (2006)

Pengembangan Model Bimbingan Karir Siswa Cerebral Palsy Di SLB-D YPAC Surabaya

Endang Pudjiastuti Sartinah, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2006

Abstract

Hasil penelitian tindakan terhadap 4 siswa adalah sebagai berikut: 1) siswa cerebral palsy kelas rehabilitasi pravokasional masih perlu diarahkan pada pembimbingan karir yang jelas oleh tenaga ahli; 2) kendala yang menonjol adalah tidak tersedia tenaga ahli, tenaga ahli administrasi, dan sumber dana; 3) program layanan bimbingan karir yang diterapkan adalah Desensitisasi Sistematik, untuk mengeliminasi perilaku-perilaku siswa yang mengarah pada tindakan kebosanan, Rational Emotif Terapi (RET) untuk menanggulangi keyakinan-keyakinan siswa tentang karir yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya, serta Layanan informasi melalui kegiatan bermain peran, eksperimen bersama dan diskusi. Penerapan ketiga program tersebut berhasil memperbaiki pemahaman anak.The results of action research conducted to 4 mentally retarded students are; 1) professional counselor are needed to help them have career; 2) the absence of professional counsellorsÂ’ administration staff and fund; 3) career-counselling programs yielding significant results comprise Systematic Desensitization, Rational Emotive Therapy and Information service given through role playing, experiment and discussion.

Copyrights © 2006