Pendidikan Dasar
Vol 12, No 1 (2012)

MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED DAN HASIL BELAJAR SISWA

Listyaningsih, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2012

Abstract

Abstract: Webbed typed integrated learning model focuses on giving students more opportunity to get involved in the teaching and learning process. This enables the students to easily receive, memorize, and produce the things they have learned. The findings reveal that 1) teachers have better ability to make lesson plans; 2) those who join web typed model show better activities; 3) there are positive student responce and 4) better learning results. The average results of those who joined web-typrd are 8.2963, 7.8148 and 8.6667 for PKN, IPS and Indonesian successively, whereas those who joined the monolitic got 6.5926, 6.2963 and 7.7037 successively for the same subjects. Abstrak; Model pembelajaran terpadu tipe Webbed berfokus pada bagaimana memberikan siswa lebih banyak kesempatan untuk terlibat dalamproses mengajar dan belajar. Hal ini memungkinkan siswa untuk mudah menerima, menghafal, dan menghasilkan hal-hal yang telah mereka pelajari. Temuan menunjukkan bahwa 1) guru memiliki kemampuan lebih baik untuk membuat rencana pelajaran; 2) mereka yang bergabung dalam model pembelajaran tipe  Web menunjukkan kegiatanyang lebih baik; 3) ada tanggapan positif  dari siswa dan 4) hasil belajar yang lebih baik. Hasil rata-rata dari mereka yang bergabung model pembelajaran  tipe web adalah 8,2963, 7,8148dan 8,6667 untukPKN, IPS dan Bahasa Indonesia berturut-turut, sedangkan mereka yang bergabung monolitic mendapat 6,5926, 6,2963dan 7,7037 berturut-turutuntuk subjek yang sama.

Copyrights © 2012