Pendidikan Dasar
Vol 12, No 1 (2012)

EFEKTIVITAS STRATEGI WORKSHOP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS

Wahyu Sukartiningsih, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2012

Abstract

Abstract: The design of research is classroom action research. Subjek of this research is student in the fifth class in MI Darul Ulum, Blandongan village, Bugul Kidul subdistrict, Pasuruan City.  The classroom action research stand on two cycle. The writing process teaching and learning is a strategy of writing teaching and learning that to improve change from the final product orientation to the process orientation that the student doing when thinking and writing their ideas (Tompkins, 1994:7). The writing process that used in this research is the five writing process degree that according to Tompkins (1994:7) that is prewriting, drafting, revising, editing, and publishing. From implementing the workshop writer’s strategy in cycle I and II, mean of score of the student increasing significant, that from 60 increasing to 64,8 in I cycle and 70 in II cycle. This research success to increase writing abiliti’es of student and to fix weakness of the student in some aspect that  influence the student writing.   Abstrak: Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Ulum, Desa Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.  Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Tindakan diberikan berupa skenario pembelajaran menulis proses dengan strategi workshop penulis (writer`s workshop). Pembelajaran menulis proses merupakan strategi pembelajaran menulis yang menekankan perubahan dari orientasi produk akhir menjadi orientasi proses yang dilakukan siswa pada saat berpikir dan menuangkan gagasannya secara tertulis (Tompkins, 1994:7). Tahapan proses menulis yang diakomodasi dalam penelitian ini adalah lima tahap proses menulis yang dikemukakan Tompkins (1994:7), yakni pramenulis (prewriting), penulisan draf (drafting), revisi (revising), penyuntingan (editing), dan publikasi (publishing). Dari hasil PTK penerapan proses menulis strategi workshop penulis pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat secara signifikan, yakni dari nilai rata-rata awal siswa 60 meningkat menjadi 64,8 pada siklus I dan 70 pada siklus II.  Penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan siswa dan mengatasi kelemahan siswa dalam beberapa aspek yang menentukan kualitas tulisan siswa.

Copyrights © 2012