Pendidikan Dasar
Vol 12, No 2 (2012)

MEMINIMALKAN KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR BANGUN RUANG SISI TEGAK

Tatagyuli Eko Siswono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2012

Abstract

Abstract: One of the problems in learning mathematics faced by the seventh graders of SMPN 6 Sidoarjo is understanding the Solid Geometry (Cube, Prism and Pyramid). To solve it, it is necessary that CTL (Contextual Teaching and Learning) approach be employed.In order to verify the argument a 3 cycle action research is conducted. The finding shows that student difficulties can be reduced by employing CTL approach. Another finding confirms that some students still misunderstand a  certain concept.   Abstrak: Bangun Ruang Sisi Tegak (BRST) merupakan salah satu materi belajar matematika yang masih sulit dipahami siswa SMP, tidak terkecuali siswa kelas VII SMP Negeri 6 Sidoarjo. Melihat kesulitan tersebut, maka perlu dipikirkan cara-cara mengatasinya atau meminimalkannya. Salah satu cara dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual. Untuk mengetahui apakah upaya itu berhasil,  dilakukan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari satu sampai tiga siklus untuk tiap kesulitan yang teridentifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meminimalkan kesulitan siswa dalam belaja rmateri Bangun Ruang Sisi Tegak di kelas VII SMP Negeri 6 Sidoarjo. Hasil lain menemukan beberapa penafsiran siswa yang salah terhadap suatu konsep.

Copyrights © 2012