Abstract:
One of the problems in
learning mathematics faced by the seventh graders of SMPN 6 Sidoarjo is understanding
the Solid Geometry (Cube, Prism and Pyramid). To solve it, it is necessary that
CTL (Contextual Teaching and Learning) approach be employed.In order to verify
the argument a 3 cycle action research is conducted. The finding shows that
student difficulties can be reduced by employing CTL approach. Another finding
confirms that some students still misunderstand a certain concept.
Abstrak: Bangun
Ruang Sisi Tegak (BRST) merupakan salah satu materi belajar matematika yang
masih sulit dipahami siswa SMP, tidak terkecuali siswa kelas VII SMP Negeri 6
Sidoarjo. Melihat kesulitan tersebut, maka perlu dipikirkan cara-cara
mengatasinya atau meminimalkannya. Salah satu cara dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran kontekstual. Untuk mengetahui apakah upaya itu
berhasil, dilakukan penelitian tindakan
kelas yang terdiri dari satu sampai tiga siklus untuk tiap kesulitan yang
teridentifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran
kontekstual dapat meminimalkan kesulitan siswa dalam belaja rmateri Bangun
Ruang Sisi Tegak di kelas VII SMP Negeri 6 Sidoarjo. Hasil lain menemukan
beberapa penafsiran siswa yang salah terhadap suatu konsep.
Copyrights © 2012