Cedera tulang belakang (spinal cord injury) adalah kondisi medis yang sering dialami terutama oleh pengendara kendaraan bermotor roda dua. Cedera ini terjadi akibat adanya beban hantaman pada stuktur tulang belakang, maupun berupa pembebanan yang berulang dan fluktuatif. Penyebab kondisi ini pada pengendara sepeda motor bisa berasal dari gaya dan posisi mengemudi, dapat juga disebabkan oleh kondisi eksternal berupa adanya patahan jalan dan tingkat kecepatan. Jurnal ini dibuat untuk mencari tahu bagaimana pengaruh tinggi patahan jalan dan kecepatan sepeda motor terhadap risiko cedera tulang belakang melalui seberapa besar gaya reaksi dan beban yang ditimbulkan pada kondisi mengemudi tersebut. Hasil yang didapat adalah adanya gaya sebesar 452 N hingga 611.84 N. Dengan struktur tulang belakang yang mampu menahan gaya 650 N hingga 6431 N tergantung faktor kesehatan tulang. Juga, kemungkinan adanya kegagalan lelah akibat pembebanan berulang dan terus-menerus meningkatkan risiko bahaya terjadinya cedera tulang belakang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017