JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 6, No 4 (2018): JE VOL 6 NO 4 (2018)

ANALISIS KUALITAS PRODUK, SUASANA, DAN KUALITAS JASA LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN (STUDI PADA PUSKESMAS BENGKOL MANADO)

Tiwa, Christian . (Unknown)
Soegoto, Agus S. (Unknown)
Lengkong, Victor P.K (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Puskesmas merupakan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dan dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat. Dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Suasana, dan Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Bengkol. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu: Analisis Regresi Linear Berganda. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan pendekatan Accidental Sampling, dengan jumlah 95 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas produk, Suasana, dan Kualitas jasa, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan pasien. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien, Suasana berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepuasan pasien, Kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pasien. Puskesmas Bengkol Manado sebaiknya lebih memahami faktor Kualitas Produk, Suasana, dan Kualitas Jasa pada pasien karena hal ini dapat mempengaruhi pasien dalam menentukan Kepuasan Pasien pada Puskesmas Bengkol Manado. Kata kunci: kualitas produk, suasana, kualitas jasa, kepuasan pasien.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...