JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 598 - 726

PEMASARAN RELASIONAL, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK MIE STEVEN PADA UD. SEHATI.

Sarandang, Gabriel (Unknown)
Soegoto, Agus Supandi (Unknown)
Ogi, Imelda (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2014

Abstract

Hubungan dengan konsumen dan pemenuhan keinginan dengan memperhatikan kepuasan adalah cara terbaik yang harus dilakukan perusahaan agar dapat bertahan. Pemasaran relasional merupakan cara dalam membangun dan menjalin hubungan antara perusahaan dengan para konsumennya. Kepuasan konsumen berhubungan dengan kualitas produk yang digunakan konsumen, karena itu perusahaan harus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, disisi lain perusahaan perlu memperhatikan harga yang sesuai dengan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemasaran relasional, kualitas produk, dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini 277 konsumen. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dan diolah menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan pemasaran relasional, kualitas produk, dan harga secara bersama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan Mie Steven. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, sebaiknya manajemen perusahaan meningkatkan pemasaran relasional dengan para pelanggannya, sehingga para pelanggan dapat meningkatkan penggunaan terhadap produk.   Kata kunci: pemasaran relasional, kualitas produk, harga, kepuasan konsumen.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...