SOROT: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 10, No 1 (2015)

PENGGUNAAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI

Ermi, Netti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2015

Abstract

Abstrak Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Jigsaw dalam pelajaran Sosiologi materi konflik sosial, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dan apakah metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran sosiologi materi konflik sosial. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jumlah siswa sebanyak 40 orang. Pada kenyataannya bahwa hasil belajar mata pelajaran sosiologi masih rendah. Ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah sehingga mereka masih menerima pelajaran dari guru. Peneliti mengambil kebijakan untuk menggunakan metode Jigsaw. Metode Jigsaw pusat belajar terletak pada siswa (student centre) dan diharapakan dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa. Ternyata setelah dilaksanakan proses pembelajaran, ternyata metode Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat persentase tuntasnya. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Pekanbaru.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

SOROT merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan secara berkala dua kali setahun (April dan Oktober) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau. SOROT merupakan terbitan berkala yang mempublikasi-kan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan ...