JURNAL MATEMATIKA STATISTIKA DAN KOMPUTASI
Vol. 11 No. 1: July 2014

Aplikasi Lesson Study dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Matematika

Erniwati Erniwati (Unknown)
Busnawir Busnawir (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika matematika dengan mengaplikasikan lesson study pada  mahasiswa. Pada penelitian ini, ada 2 faktor yang diselidiki, yaitu 1. faktor mahasiswa untuk melihat aktivitas mahasiswa selama  proses pembelajaran yang meliputi diskusi kelompok, kerja sama dalam kelompok dan kemampuan menyelesaikan LKM, 2. faktor dosen untuk melihat kesesuaian antara langkah-langkah proses pembelajaran dengan  rencana pembelajaran yang dilakukan pada saat plan. Pelaksanaannya  terdiri atas 4 tahap, dan masing-masing tahap memuat 3 kegiatan yakni: Plan, do, dan see . Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kecenderungan peningkatan kualitas pembelajaran melalui peningkatan prosentase aktivitas dosen yang berdampak pula pada peningkatan aktivitas mahasiswa.Berdasarkan hasil temuan di atas dapat disimpulkan bahwa aplikasi Lesson Study pada pembelajaran Fisika Matematika dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan meningkatnya aktivitas mahasiswa dan keterlasanaan proses pembelajaran  oleh dosen model.  

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jmsk

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini mempublikasikan paper-paper original hasil-hasil penelitian dibidang Matematika, Statistika dan Komputasi ...