Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan siswa dalam bermain suling lubang enam pada pembelajaran seni budaya yang masih rendah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Tujuan utama dari PTK adalah untuk memberdayakan guru yang bersangkutan agar mampu mengadakan perbaikan dan pembaharuan dalam menangani permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kotabaru Karawang, subjek penelitian adalah Guru Seni Budaya dan siswa kelas VII E. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu mulai dari observasi awal, siklus I, II yang diperoleh dari pelaksanaan pola latihan berjenjang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain suling lubang enam, hal ini dapat dilihat padapeningkatan nilai rata-rata siklus I  63,16, pada siklus II 71,97.Kata kunci: Penerapan Pola Latihan Berjenjang, Keterampilan Bermain Suling Lubang Enam 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013