Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 6, No 5 (2012)

Zona of Proximal Development dan Scffolding : Analisis Pengetahuan Peserta Didik dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar

Ifada Novikasari, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2012

Abstract

Abstrak Bahasa Indonesia Artikel ini menggambarkan penggunaan teori dari Zone of Proximal Development (ZPD) dan Scaffolding pada pembelajaran matematika. ZPD dan scaffolding merupakan teori dari Vygotsky yang menyatakan bahwa pengetahuan dibangun dari proses sosial. Teori Vygotsky menjelaskan tentang batas luar dari apa yang diketahui peserta didik. Tepi dari batas tersebut adalah peserta didik dapat berpindah ke pengetahuan baru atau perpindahan dari pemecahan masalah yang mereka pahami yaitu dari masalah yang sedikit menjadi lebih kompleks. Vygotsky mengusulkan dukungan dari pihak lain dapat mendukung proses perpindahan tadi dan interaksi sosial merupakan bagian penting dalam pembelajaran. Bentuk dukungan itulah yang disebut scaffolding.  Penerapan teori Vygotsky  untuk mengetahui proses konstruksi pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar dapat digunakan dalam masalah matematika.   Kata Kunci: Zone of Proximal Development, scaffolding, pemecahan masalah     Abstrak Bahasa Inggris This article describes the using of theories Zone of Proximal Development (ZPD) and scaffolding on mathematical learning. ZPD and scaffolding are vygotsky’s theory, which viewed the construction of knowledge as a social process. Vygotsky’s theory suggests thinking about the periphery of what a child knows.  On the edges is where students can move beyond what they already know to new ideas or move from solving problems they understand to solving slightly more complex ones. Vygotsky proposed that help from others supports the process of making that move and that social interaction is important for learning.  That supports is well known as scaffolding. The implementation of Vygotsky’s theory  for knowing the construction of students’ knowledge in problem solving approach on level of elementary school can be used in mathematics problem.   Keywords: Zone of Proximal Development, scaffolding, problem solving

Copyrights © 2012