Abstrak Bahasa
Indonesia
Artikel ini menggambarkan penggunaan teori dari Zone of Proximal Development (ZPD) dan Scaffolding pada pembelajaran
matematika. ZPD dan scaffolding
merupakan teori dari Vygotsky yang menyatakan bahwa pengetahuan dibangun dari
proses sosial. Teori Vygotsky menjelaskan tentang batas luar dari apa yang diketahui
peserta didik. Tepi dari batas tersebut adalah peserta didik dapat berpindah ke
pengetahuan baru atau perpindahan dari pemecahan masalah yang mereka pahami
yaitu dari masalah yang sedikit menjadi lebih kompleks. Vygotsky mengusulkan
dukungan dari pihak lain dapat mendukung proses perpindahan tadi dan interaksi
sosial merupakan bagian penting dalam pembelajaran. Bentuk dukungan itulah yang
disebut scaffolding.  Penerapan teori Vygotsky  untuk mengetahui proses konstruksi
pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar
dapat digunakan dalam masalah matematika.
 
Kata Kunci: Zone of Proximal Development, scaffolding,
pemecahan masalah
 
 
Abstrak Bahasa
Inggris
This article
describes the using of theories Zone of Proximal Development (ZPD) and
scaffolding on mathematical learning. ZPD and scaffolding are vygotskyâs
theory, which viewed the construction of knowledge as a social process.
Vygotskyâs theory suggests thinking about the periphery of what a child knows.  On the edges is where students can move
beyond what they already know to new ideas or move from solving problems they
understand to solving slightly more complex ones. Vygotsky proposed that help
from others supports the process of making that move and that social interaction
is important for learning.  That supports
is well known as scaffolding. The implementation of Vygotskyâs theory  for knowing the construction of studentsâ
knowledge in problem solving approach on level of elementary school can be used
in mathematics problem. 
 
Keywords: Zone of Proximal Development, scaffolding, problem solving
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012