Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 6, No 5 (2012)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK PROYEK MEMBUAT MODEL PERISKOP DAN KOMPOR TENAGA MATAHARI SEDERHANA DENGAN MEMANFAATKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SD

Endang Sri Wahyuni, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2012

Abstract

Abstrak Bahasa Indonesia Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan peralatan pembelajaran inovatif untuk melatih keterampilan memecahkan masalah untuk siswa sekolah dasar. Sidang kelompok kecil dilakukan pada 8 siswa, dan uji coba lapangan dilakukan pada 38 siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negara dari Wates Kediri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian perkembangan. Desain penelitian perkembangan peralatan yang digunakan Empat-D (Thiagarajan, Semmel, dan Semmel, 1974). Desain evaluasi peralatan instruksional yang digunakan satu kelompok pretest-posttest design dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan temuan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peralatan pembelajaran inovatif yang dikembangkan secara efektif untuk melatih keterampilan memecahkan masalah untuk siswa sekolah dasar. Kesimpulan menunjukkan hasil penilaian peralatan pembelajaran (RPP [Rencana Pelaksanaan Pembelajaran], Mahasiswa Bahan Pengajaran, dan LKS [Lembar Kegiatan Mahasiswa]) adalah dalam kategori yang tepat, dan hasil validasi Lembar Penilaian berada di kategori yang valid. Hasil penilaian dari pembacaan Bahan Pengajaran dan Mahasiswa LKS menunjukkan bahwa konten mereka, penampilan, dan gambar yang menarik bagi siswa. Kelayakan instruksional dengan model pembelajaran inovatif dalam kategori baik. Kelengkapan produk hasil pembelajaran, keterampilan memecahkan masalah dan psikomotor klasik telah dicapai, kecuali kelengkapan keterampilan memecahkan masalah dalam uji coba lapangan. Penilaian afektif menggambarkan beberapa anak menunjukkan kemajuan dalam perilaku dengan karakter dan keterampilan sosial. Proyek membuat model periskop dan kompor surya sederhana menghasilkan produk yang bermanfaat. Secara positif tanggapan siswa untuk instruksi inovatif. Kendala lapangan ditemui selama instruksi inovatif adalah sejumlah kecil siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan keterampilan pemecahan masalah.   Kata Kunci: peralatan instruksional, pengajaran inovatif, dan proyek membuat model                          periskop dan sederhana Model kompor surya, sifat cahaya.   Abstrak Bahasa Inggris This research had the purpose to develop the innovative instructional equipment to train the skill of solving problem to the elementary school students. The small group trial was conducted on 8 students, and the field trial was conducted on 38 of the 5th grade students of State Elementary School of Wates Kediri. This research was of developmental research type. The design of equipment developmental research used Four-D (Thiagarajan, Semmel, and Semmel, 1974). The design of instructional equipment evaluation used one group pretest-posttest design with descriptive quantitative and descriptive qualitative analysis technique. Based on the finding of research result, it could be concluded that the innovative instructional equipment developed was effectively to train the skill of solving problem to the elementary school students. The conclusion indicated the assessment result of instructional equipment (RPP [Instructional Implementation Plan], Student Teaching Material, and LKS [Student Activity Sheet]) was in the proper category, and the validation result of Assessment Sheet was in the valid category. The assessment results of the readability of Student Teaching Material and Student Activity Sheet indicated that their content, appearance, and picture were attractive for students. The instructional feasibility with innovative instructional model was in good category. The completeness of product learning outcomes, skill of solving problem and psychomotor classically has been achieved, except the completeness of skill of solving problem in the field trial. The affective assessment depicting several children indicated progress in the behavior with character and the social skill. The project of making periscope model and simple solar stove resulted in the useful product. The positively responses of students to the innovative instruction. The field obstacle encountered during the innovative instruction was the small amounts of students had difficulty in using skill of solving problem.   Keywords: instructional equipment, innovative instruction, and project of making periscope model and simple solar stove model, ligth properties.

Copyrights © 2012