Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 4, No 4 (2006)

Peningkatan Hasil Belajar Membaca dan Menulis Melalui Penerapan Terapeutik Teman Sebaya

Ari Wahyudi, (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2006

Abstract

Penelitian ini mengkaji apakah dengan penerapan terapeutik teman sebaya dapat meningkatkan hasil belajar  membaca dan menulis di SDN Kauman Mojosari Mojokerto. Sampel dalam penelitian ini  sejumlah anak yang mengalami kesulitan membaca dan menulis di kelas rendah (1, 2,dan 3) yakni sejumlah 20 siswa. Dengan rancangan penelitian one group pre test post test design yang dianalisis dengan rumus sign test, hasilnya menunjukkan bahwa nilai Zh sebesar 3,81 > 1,64 pada taraf  kepercayaan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan terapeutik teman sebaya dapat meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis.

Copyrights © 2006