Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 4, No 4 (2006)

Pemahaman Konsep Matematika dalam Soal Cerita untuk Anak Sekolah Dasar (Suatu Tinjauan Teoretis)

Wiryanto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2006

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat terlepas dari matematika. Bahkan matematika mempunyai andil yang cukup besar dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Objek yang dipergunakan dalam matematika adalah sesuatu yang abstrak. Hal ini menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam penyampaian materi matematika pada anak SD, sebab taraf berpikir anak SD menurut J. Piaget digolongkan pada taraf operasi kongkret. Oleh sebab itu sebagai jalan keluarnya adalah memanipulasi objek-objek yang abstrak ke dalam benda-benda kongkret. Soal cerita merupakan bentuk matematika yang materinya telah dihubungkan dengan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga soal cerita bisa dipakai sebagai alternatif penyampaian materi matematika pada anak usia Sekolah Dasar (SD). Tetapi setelah diamati, berdasarkan teori perkembangan manusia (oleh J.Piaget), ternyata kemampuan anak SD dalam memahami kalimat (verbal) dan mengubahnya ke dalam simbol-simbol matematika masih mengalami kesulitan.

Copyrights © 2006