Dalam
kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat terlepas dari matematika. Bahkan
matematika mempunyai andil yang cukup besar dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi. Objek yang dipergunakan dalam matematika adalah sesuatu yang
abstrak. Hal ini menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam penyampaian materi matematika
pada anak SD, sebab taraf berpikir anak SD menurut J. Piaget digolongkan pada
taraf operasi kongkret. Oleh sebab itu sebagai jalan keluarnya adalah
memanipulasi objek-objek yang abstrak ke dalam benda-benda kongkret.
Soal
cerita merupakan bentuk matematika yang materinya telah dihubungkan dengan
pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga soal cerita bisa dipakai
sebagai alternatif penyampaian materi matematika pada anak usia Sekolah Dasar
(SD). Tetapi setelah diamati, berdasarkan teori perkembangan manusia (oleh
J.Piaget), ternyata kemampuan anak SD dalam memahami kalimat (verbal) dan
mengubahnya ke dalam simbol-simbol matematika masih mengalami kesulitan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2006