Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji
efektivitas pembelajaran menggunakan strategi Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan membaca
kritis mahasiswa Program D2 PGSD-UNESA. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian tindakan kelas, yang teridiri atas tiga siklus pembelajaran, yaitu
(1) memunculkan ide aktual dan kritis dari bahan bacaan dan
menginformasikannya, (2) mereviu bahan bacaan dan menginformasikannya, dan (3)
menulis karya ilmiah dan karya ilmiah populer hasil dari kegiatan membaca
kritis dan menginformasikannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
pembelajaran menggunakan strategi Problem
Based Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis mahasiswa
Program D2 PGSD-UNESA: 1) secara kuantitatif, berupa peningkatan nilai membaca
kritis mahasiswa, (2) secara kualitatif, berupa meningkatnya kemampuan berpikir
kritis mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2006