Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2007)

Evaluasi Proses Pengambilan Keputusan Partisipatif dalam Organisasi Sekolah

Dwi Iriyani, (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2007

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan dan mengevaluasi proses pengambilan keputusan partisipatif di sekolah dasar, (2) menentukan cara-cara memperbaiki kelemahan-kelemahan pengambilan keputusan, dan (3) mengetahui perbedaan pengambilan keputusan di dua sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik dengan jenis penelitian evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas penilik sekolah, kepala sekolah, guru,dan orang tua siswa yang diwakili pengurus komite sekolah. Data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan partisipatif sudah dilakukan dengan benar, yaitu sebagian besar keputusan dihasilkan dengan melibatkan stakeholders melalui proses analisis.

Copyrights © 2007