Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan dan mengevaluasi proses
pengambilan keputusan partisipatif di sekolah dasar, (2) menentukan cara-cara
memperbaiki kelemahan-kelemahan pengambilan keputusan, dan (3) mengetahui
perbedaan pengambilan keputusan di dua sekolah dasar. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik dengan jenis penelitian
evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas penilik sekolah, kepala sekolah, guru,dan
orang tua siswa yang diwakili pengurus komite sekolah. Data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan
studi dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan
keputusan partisipatif sudah dilakukan dengan benar, yaitu sebagian besar
keputusan dihasilkan dengan melibatkan stakeholders melalui
proses analisis.
Copyrights © 2007