Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat
terlepas dari matematika, bahkan matematika mempunyai andil yang cukup besar
dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Obyek yang dipergunakan
dalam matematika adalah sesuatu yang abstrak, sehingga dalam proses
pemahamannya seringkali siswa mengalami kendala yang berkepanjangan. Seringkali
siswa belum dapat memahami suatu materi diakibatkan ketidakpahamannya dalam
materi penunjang sebelumnya, sehingga untuk mengatasi masalah tersebut
diperlukan suatu penyusunan kurikulum yang memperhatikan peta konsep pelajaran.
Tujuan dari peta konsep ini adalah agar para siswa dapat memperoleh ilmu
matematika secara berjenjang mulai dari materi dasar hingga materi
lanjutan. Dalam penyusunan peta konsep ini diharapkan siswa mempunyai
alur pikir yang benar dan sistimatis didalam menyelesaikan suatu soal
matematika. Peta konsep juga akan
membuat suatu keterkaitan materi dapat tergambar dengan jelas dan bisa dipahami
oleh para pendidik. Sehingga dalam pembuatan peta konsep diperlukan pemikiran
yang mendalam tentang keterkaitan setiap bidang materi agar siswa bisa menerima
dan memahaminya dengan mudah.
Copyrights © 2009