Asas: Jurnal Sastra
Vol 3, No 4 (2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARANEXPERIENTIAL LEARNINGTERHADAPKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWAKELASXI SMK TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

wita dwi payana (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran experiential learning terhadap kemampuan menulis karangan narasisiswa kelas XI SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK TarbiyahIslamiyah Hamparan Perak tahun pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 4(empat) kelas yang berjumlah 128 orang. Dari populasi tersebut diambil sampelpenelitian sebanyak 64 orang yang dibagi menjadi 32 siswa sebagai kelas kontroldan 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah secarasampel bertujuan atau purposive sample.Metode dalam penelitian ini bersifat quasi eksperimen (eksperimen semu),hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangannarasi dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori termasuk dalamkategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 69,12,sedangkan kemampuan siswa menulis karangan narasi dengan menggunkanmodel pembelajaran experiantial learning termasuk dalam kategori baik dengannilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 76,7. Selanjutnya pengujianhipotesis menunjukkan thitung (3,27) > ttabel (2,00) pada taraf signifikan α = 0,05.Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh modelpembelajaran experiential learning terhadap kemampuan menulis karangan narasisiswa kelas XI SMK Tarbiyah Islamiyah Tahun Pembelajaran 2012/2013.Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis karangan narasidengan menggunakan model pembelajaran experiential learning lebih baik daripada hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.Dan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran experientiallearning berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan narasi.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...