Asas: Jurnal Sastra
Vol 4, No 2 (2015)

HUBUNGAN MEMBACA KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MERESENSI NOVEL “REMBULAN MERAH” OLEH SISWA KELAS XI SMA DHARMA BAKTI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Rosinta Mauli Sinaga (Unknown)
Rosmawaty Rosmawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  membaca kritis dengan kemampuan meresensi novel “Rembulan Merah” oleh siswa  kelas XI SMA Dharma Bakti Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Dharma Bakti sebanyak 105 orang siswa. Dari  105 orang siswa diambil secara acak (random sampling) dan diperoleh sampel sebanyak 38 siswa.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional.Data membaca kritis diperoleh dengan menggunakan tes objektif dan data meresensi novel diperoleh dengan menggunakan tes uraian essay. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus homogenitas product moment oleh Karl Person dengan angka kasar.Dari hasil penelitian dapat di kemukakan bahwa kemampuan membaca kritis siswa kelas XI SMA Dharma Bakti Medan adalah cukup dengan nilai rata-rata 69,34. Kemampuan meresensi novel “Rembulan Merah” adalah baik dengan nilai rata-rata 77,5.Selanjutnya untuk mengetahui besarnya kontribusi membaca kritis dengan kemampuan meresensi novel “Rembulan Merah” dilakukan dengan cara determinasi yaitu r2 x 100%. Pada perhitungan sebelumnya diperoleh nilai rhitung = 0,77, sehingga diperoleh besarnya kontribusi membaca kritis dengan kemampuan meresensi novel yaitu (0,77)2 x 100% = 59,29%.Dari hasil perhitungan di peroleh rhitung > rtabel (0,77 > 0,261) pada taraf signifikan 5% yang bermakna adanya hubungan positif  yang signifikan antara membaca kritis dengan kemampuan meresensi novel oleh siswa kelas XI SMA Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Kata kunci : Membaca Kritis, Kemampuan Meresensi Novel

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...