Asas: Jurnal Sastra
Vol 1, No 2 (2012): Asas: Jurnal Sastra

Efektivitas Penggunaan Media Bagan dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2013/2014

Suriya Emanita Br.Karo (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media bagandalam meningkatkan kemampuan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 PancurBatu Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa kelas IX 157 orang.Sampel penelitian sebanyak 62 siswa yang diambil secara acak. Terbagi ke dalam duabagian yaitu 31 siswa yang menggunakan media bagan dan 31 siswa yang tidakmenggunakan media bagan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode eksperimen, dengan menggunakan media bagan pada kelompok eksperimendan tidak menggunakan media bagan pada kelompok kontrol. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penggunaan media bagan cukup efektif dalam meningkatkankemampuan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pancur Batu. Hal ini terlihat dariskor rata-rata kemampuan berpidato siswa yang menggunakan media bagan 70,65dengan kategori baik, sedangkan kemampuan siswa yang tidak menggunakan mediabagan 58,06 dalam kategori kurang. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaanmedia bagan dalam meningkatkan kemampuan berpidato siswa. Hasil uji “t” padataraf signifikansi 5%, ternyata perbedaan skor rata-rata di atas adalah signifikan yaitu21,47 > 2,00(0,05). Sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatife (Ha)diterima.Kata Kunci: Pengaruh–Media Bagan- Berpidato

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...