Jurnal Pendidikan
Vol 2, No 1 (2011)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X1 MAN 2 MODEL PEKANBARU MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE TAI

Susda Heleni (Unknown)
Zulkarnain ' (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2012

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah (MA) yang tercantum dalamkurikulum 2004 adalah mengembangkan aktifitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuanserta mengembangkan kemampuan memecahkan masalah (Depdiknas, 2004). Tujuan ini, tidaklah mudahdicapai oleh siswa MA. Madrasah Aliyah memiliki dua jenis mata pelajaran yaitu mata pelajaran yangsifatnya umum dan mata pelajaran agama. Namun pihak sekolah mengharapkan siswa mampu menguasaikedua jenis mata pelajaran ini dan mencapai hasil belajar yang tinggi. Kenyataan yang terjadi di lapanganmenunjukkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran umum masih rendah terutama pada pelajaranmatematika. Tuntutan dari tujuan pembelajaran matematika yang tercantum pada kurikulum 2004 inisesuai dengan teori konstruktivisme. Teori ini menganjurkan keterlibatan siswa secara aktif dalampembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang berdasarkan teorikonstruktivisme adalah model pembelajaran berdasarkan masalah. Dari beberapa hasil penelitian, terlihatgejala dimana pada model pembelajaran berdasarkan masalah belum terciptanya rasa tanggung jawabsetiap individu (siswa) dalam menemukan informasi dan siswa yang dikategorikan pintar belum mempunyairasa tanggung jawab untuk membantu siswa yang lemah dalam kegiatan kelompok. Untuk mengatasimasalah ini salah satu model pembelajaran yang menekankan pada tanggung jawab individu/anggotakelompok dalam menemukan informasi dan penekanan pada aspek sosial.adalah model pembelajarankooperatif (Slavin, 1995). Salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu TAI (Team AsistedIndividualization) yaitu pembelajaran dimana setiap siswa berfungsi sebagai asisten dalam kelompoknya(Slavin, 1995). Berdasarkan hal tersebut, peneliti menerapkan pembelajaran berdasarkan masalahdengan kooperatif tipe TAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah pembelajaranberdasarkan masalah dan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswakelas X1 MAN 2 Model Pekanbaru?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Bentuk penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 MAN 2 ModelPekanbaru berjumlah 32 orang (9 siswa laki-laki, 23 siswa perempuan). Hasil yang diperoleh dalampenelitian ini adalah model pembelajaran berdasarkan masalah dan kooperatif tipe TAI dapatmeningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X1 MAN 2 Model Pekanbaru pada materi pokokruang dimensi tiga.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Education

Description

JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah ...