Asas: Jurnal Sastra
Vol 1, No 2 (2012): Asas: Jurnal Sastra

PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BISU (SILENT DEMONSTRATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SWASTA TELADAN SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Mustika Wati Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarandemonstrasi bisu (silent demonstration) terhadap kemampuan menulis cerpensiswa kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2012/2013.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengandesain post-test only control design. Instrumen yang digunakan adalah tes produkdalam bentuk penugasan menulis cerpen. Nilai rata-rata post-test kelas kontrol(Ekspositori) adalah 65,66, sedangkan untuk post-test kelas eksperimen (SilentDemonstration) adalah 79,9. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-ratakemampuan menulis cerpen siswa dengan menerapkan model Silent Demonstrationlebih tinggi dari pada nilai menulis cerpen siswa dengan menerapkan modelekspositoriPengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan ujihipotesis diperoleh t hitung = 6,71, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada tarafsignifikasi 5 % = 2,01. Karena t hitung = 6,71 > t tabel = 2,01 maka hipotesis nihil (Ho ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Hal ini membuktikanbahwa model silent demonstration mempengaruhi kemampuan menulis cerpen siswakelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah.Kata Kunci:Model Silent Demonstration, Menulis Cerpen.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...