Asas: Jurnal Sastra
Vol 1, No 1 (2012): asas: jurnal sastra

HUBUNGAN MINAT BACA CERPEN ANAK DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS V SD SWASTA SETIA BUDI KECAMATAN PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Eva Susanti Ginting (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2012

Abstract

Tampubolon ( 1993 ) menjelaskan bahwa pada hakekatnya membaca adalah kegiatanfisik  dan  mental  untuk menemukan  makna  dari  tulisan,  walaupun  dalam  kegiatan  itu  terjadiproses  pengenalan  huruf-huruf.  Dikatakan  kegiatan  fisik, karena  bagian-bagian  tubuhkhususnya  mata,  yang melakukannya.  Dikatakan  kegiatan  mental,  karena  bagian-bagianpikiran khususnya persepsi dan ingatan, terlibat didalamnya. Diperjelas oleh pendapat Smith(ginting  2005)  bahwa  membaca  merupakan  suatu  proses  membangun  pemahaman  dari  teksyang tertulisMinat baca  cerpen  anak  oleh  siswa  kelas  V  SD  Swasta  Setia  Budi  KecamatanPerbaungan  Tahun  Pembelajaran  2010/2011  adalah  cukup  dengan  skor  rata-rata  54,73dengan tingkat membaca cukup. Kemampuan mengarang cerita pendek (cerpen) siswa cukupdengan  skor  rata-rata 60,67,  dan  tingkat  kemampuan  60,67%.  Selanjutnya  ada  hubunganminat baca cerpen anak dengan kemampuan mengarang cerita pendek oleh siswa SD SwastaSetia  Budi  Kecamatan  Perbaungan  Tahun  Pembelajaran  2010/2011. Hal  ini  diperkuat  darihasil perhitungan statistik uji korelasi r product moment diperoleh nilai rxy= 0,604 dan nilaikorelasi tersebut signifikan setelah diuji dengan membandingkan nilai kritisnya  yaitu 0,604 >0,361(0,05).Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  untuk  meningkatkan  kemampuan  siswamengarang  cerpen  diperlukan  pemahaman  guru  tentang  pentingnya  minat  baca  cerpen.Upaya-upaya  tersebut  perlu  dilakukan  guru  maupun  pihak  sekolah  setempat  denganmenyediakan cerpen anak di sekolah.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...