Jurnal Pendidikan
Vol 8, No 1 (2017)

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN MATAKULIAH TERMODINAMIKA BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING

Zulhelmi Zulhelmi (Unknown)
Azizahwati Azizahwati (Unknown)
Fakhruddin Fakhruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2017

Abstract

Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuivaliditas, efektivitasdanpraktikalitasdariRPPTermodinamika yang dikembangkanJenispenelitianiniadalahResearch And Development yangterdiridaritigatahapyaituanalisis kebutuhan, merancang prototipe, dan implementasi. Tempat penelitianlaboratorium Pendidikan Fisika PMIPA FKIP UR. Subjekujicobasebanyak38 0rang mahasiswa ProgramStudi Pendidikan Fisika Angkatan 2013.Rancanganujicobamenggunakanone short case studydesign.Analisis data yang digunakanadalahstatistikdeskriptifuntukmenentukan validitas, efektivitas danpraktikalitasRPP Termodinamika. Berdasarkanhasilanalisis data, didapatkanvaliditasRPP Termodinamikaratarata3,79padakategorivalid., Respon mahasiswa terhadap pembelajaran melalui model colllaborativeLearning 81,08 % pada kategori sangat tinggi. artinya RPP efektif digunakan dalam perkuliahantermodinamika dan 91,89 % mahasiswa menyatakan bimbingan yang diberikan dosen jelas. Dari hasilanalisis data dapatdisimpulkanRPP termodinamika yang dikembangkan, valid,efektif dan praktis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Education

Description

JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah ...