Jurnal Pendidikan
Vol 8, No 1 (2017)

PENERAPAN TEKNIK “BRAINSTORMING” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNRI

Eliwarti, Eliwarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2017

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswamenulis esai. Teknik ‘Listing’ dalam aktifitas Brainstorming diaplikasikan kepada mahasiswa yangmengambil MK Writing III. Pre-test dilakukan sebelum tindakan dan setelah tindakan dilaksanakanpost-test. Prosedur aplikasi teknik ‘Listing’ dalam aktifitas Brainstorming adalah: 1. Tuliskan topikdibagian atas kertas. 2. Buatlah daftar setiap ide yang muncul dalam pikiranmu tentang topik. 3. Gunakankata, frase atau kalimat dan jangan khawatir tentang ejaan dan tata bahasa. 4. Tuliskan kembali daftardan kelompokkan ide-ide yang sama bersama-sama. Coret item-item yang tidak sesuai atau yangberulang-ulang. Setelah tindakan (2 siklus), terdapat peningkatan skor rerata dari pre-test (53.77) ke(63.49). Hasil observasi juga menunjukkan bahwa aktifitas mahasiswa dalam mengikuti prosedurpembelajaran dengan teknik Listing adalah 68.6%. Ini memenuhi standard kompetensi yang diterapkan(³ 61). Disamping standard kompetensi yang diterapkan, t-test juga dilakukan untuk melihat keefektifanteknik Listing. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai t-hitung (3.92) lebih besar dari nilai ‘t’ tabel padataraf signifikan 0.05 (2.021) and 0.01 (2.704). Ini menunjukkan bahwa teknik Listing dalam aktifitasBrainstorming adalah efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis esai.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Education

Description

JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah ...