Padma
Vol 6, No 2 (2012)

MENGGAGAS PENDIDIKAN BERKUALITAS MELALUI SENI

Muhajir, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2012

Abstract

Abstrak Sorotan masyarakat terhadap problem pendidikan sangat tajam, terutama menyangkut kualitas proses dan produk. Tujuan pendidikan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Sisdiknas  masih jauh panggang dari api.  Sangat terasa pendidikan direduksi ke dalam Unas yang menempatkan mata pelajaran-mata pelajaran tertentu pada kasta tinggi, sedang mata pelajaran yang lain (non-unas) sebagai kasta rendah. Dalam kaitannya dengan pencerdasan otak, mata pelajaran-mata pelajaran Unas cenderung hanya mengembangkan otak kiri (logika) dan mengabaikan  otak kanan (etika & estetika).  Dalam rangka membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat, serta membentuk warga negara yang demokratis seperti diamanatkan oleh UU Sisdiknas perhatian terhadap mata pelajaran seni perlu memperoleh penekanan. Standar kompetensi mata pelajaran seni, yaitu apresiasi dan ekspresi/kreasi dipandang mampu menyeleraskan keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri yang tidak dapat diujudkan oleh mata pelajaran-mata pelajaran Unas.

Copyrights © 2012